Thursday, November 1

Membuat Jam Alarm Sederhana dengan Visual Basic

4:11 PM

Kali ini saya akan berbagi cara membuat Aplkasi Jam Alarm dengan Visual Basic. Aplikasi jam alarm ini akan ketahuan berhasil atau tidaknya jika pada komputer anda terdapat speaker untuk output suaranya. yaiyalah,,, kalau tidak ada speakernya gimana mau dengerin suara alarmnya.hehe,,

Dasar dari Aplikasi ini adalah sama seperti ketika kita menyalakan Alarm Jam pada umumnya. kita menentukan kapan waktunya untuk membunyikan alarm lalu setelah waktu yang kita tentukan sama dengan waktu yang sedang berjalan, maka akan ada tanda atau suara yang menyala. 
kontrol-kontrol yang diperlukan dalam proyek ini adalah:
  • 2 buah Label
  • 1 buah Timer
  • 2 buah ComboBox
  • 2 buah CommandButton

sedangkan langkah-langkah untuk membuat aplikasi ini yang nanti kita lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Membuat jam terlebih dahulu,
  2. Membuat list waktu pada combo box
  3. Membuat Button untuk mensetting AlarmOn dan AlarmOff
Sebelum melakukan ketiga langkah di atas, Silahkan klik kanan terlebih dahulu pada Form dan klik View Code, lalu masukan code berikut pada general –declaration



Sekarang kita akan melakukan ketiga langkah di atas satu persatu.

Membuat Jam
langkah yang satu ini mirip dengan tutorial membuat jam digital pada tutorial sebelumnya,
Oke sekarang masukan 2 buah Label, dan 1 buah Timer, set interval Timer1 menjadi 1000. Label1 untuk memunculkan waktu yang sedang berjalan, sedangkan label2 untuk memunculkan waktu yang kita setting untuk menyalakan Alarm. masukan code berikut pada Timer1

Maksud dari kode tersebut adalah jika caption pada label2 sama dengan caption label1 dan alarm_on dalam keadaan true, maka program akan mengeluarkan suara beep. Kemudian caption label1 menjadi waktu yang sedang berjalan.
Untuk sementara, label2 kita biarkan saja dulu. Jam yang anda buat sudah jadi dan berjalan,, Silahkan Run terlebih dahulu untuk mengeceknya!! Jika label1 menjadi waktu jam yang sedang berjalan, berarti sudah benar.

Membuat List Waktu
Oke,,untuk mensetting waktunya, kita membutuhkan List untuk Jam dan Menitnya, sekarang Tambahkan 2 buah ComboBox untuk mengatur List Jam dan List Menit, lalu masukan code berikut pada Form Load untuk membuat List otomatis pada kedua ComboBox tersebut pada saat program baru dijalankan,


 Silahkan Run lagi dan lihat pada List box!!

Membuat Button untuk set Alarm On dan Off
Setelah List pada Combo Box jadi, kita sekarang akan mensetting nilai Jam dan Menit yang kita pilih pada kedua ComboBox.
Tambahkan 2 Buah CommandButton dan masukkan code berikut pada Command1 :

Code diatas adalah untuk menyimpan nilai pada combo1 dan combo2 ke dalam Variabel nilai_jam dan nilai_menit.
Masih ingat dengan label2 yang anda tinggalkan?? Sekarang kita akan memasukan nilai variabel nilai_jam dan nilai_menit pada label2 dan membuat nilai alarm_on menjadi true, tambahkan code berikut pada command1:

Label2.Caption = nilai_jam & ":" & nilai_menit & ":00"
Alarmon = True

Sehingga menjadi :

Silahkan jalankan kembali program anda!! Pilih waktunya pada combo1 dan combo2 lalu klik command1 untuk mensettingnya. Jika nanti waktu yang berjalan pada label1 akan sama dengan waktu yang kita set, maka akan terdengar suara beep.
Owwhh iya,, ada yang terlupakan disini, command2 lalu tugasnya untuk apa? Yap benar,, command2 akan kita beri kode untuk mematikan alarmnya, berikut kodenya:

Selamat ... Aplikasi Alarm buatan anda sudah jadi,
Kalau masih belum jadi dan bingung dengan penjelasan yang membingungkan diatas :D silahkan lihat kode selengkapnya dibawah:

silahkan tambahkan atau utak-utik sendiri lagi sesuai dengan kreativitas Anda supaya tambah keren aplikasinya :) 

silahkan lihat juga tutorial visual basic yang lain :







Thanks for reading Membuat Jam Alarm Sederhana dengan Visual Basic

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak :)

Copyright © Tips, Trik dan Tutorial Komputer. All rights reserved. Template by CB Blogger