Saturday, February 18

memproteksi tulisan kita pada dokumen microsoft word

2:57 AM
Trik ini bukanlah cara memproteksi file ms-word kita agar tidak bisa dibuka orang lain. Tapi ini adalah cara agar tulisan atau ketikan kita pada file ms-word bisa dilihat/dibaca orang lain, tapi tidak bisa diedit (diubah, ditambahi dan dikurangi) oleh orang lain.

Mungkin klo isinya cuma sekedar dokumen biasa hal ini tidak terlalu penting, tapi bagaimana klo isi dokumennya tulisan yang penting buat kita. Kebayang kan gimana rasanya klo isi tulisan kita di ubah atau di acak2 oleh orang lain. mungkin buat saya mah  masa bodoh aja alias biarin aja ada yang ngutak-atik juga :D, tapi klo buat anda yang gak  ingin tulisan di dokumen Word anda gak bisa di edit atau diutak-atik oleh orang lain, anda bisa gunakan cara ini.

  1. buat Office word 2007, klik Protect Document yang ada di menu Review, trus pilih restrict Formatting and editing.Buat Office Word 2003, Protect Document ada di menu Tools.
  2. Klik kotak Limit formating to a selection of styles,
  3. Klik juga kotak allow only this type of editing in the document, lalu pilih No changes (Read Only)agar orang lain tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa membaca tulisan anda.  Atau bisa juga memilih pilihan yang lain,Tracked changes = orang lain masih bisa mengedit, tapi jika tulisan anda ada yang merubah atau menambahi, maka akan ada jejaknya.Comments = orang lain hanya di perbolehkan menambahi komen pada tiap tulisan anda.
  4. Selanjutnya, klik Yes, start enforcing Protection
  5. Pada kotak dialog start enforcing Protection, pilih password, lalu masukan password anda,  dan pilih OK, password ini berguna jika suatu saat anda ingin mengedit tulisan anda lagi.

Anda juga bisa mencantumkan nama anda sebagai penulis (author) agar orang lain tahu klo dokumen ini anda yang nulis, caranya untuk office word 2007:

1. Klik gambar seperti gambar disamping (berada di pojok kiri atas, lalu pilih Prepare, trus klik properties.
2. Ketik nama anda pada kotak author , anda juga bisa menambahkan properti yang lainnya seperti title, subject, keywords, category, status, comments

    untuk yang word 2003, klik file > propersties. lalu isi data anda pada tab summary

    jika kita meletakan kursor mouse di atas file word kita, maka properties file akan muncul otomatis, seperti gambar dibawah

     yahh,,, begitulah cara memproteksinya,,, :)


    Thanks for reading memproteksi tulisan kita pada dokumen microsoft word

    Related Posts

    Your Comments

    2 comments:

    Silahkan berkomentar dengan bijak :)

    Copyright © Tips, Trik dan Tutorial Komputer. All rights reserved. Template by CB Blogger